Home » » Materi CT: Sejarah Mitela

Materi CT: Sejarah Mitela


Kain segitiga ni pada awalnya diciptakan oleh Johann Friedrich August von Esmarch , seorang profesor bedah yang telah ahli bedah umum untuk Angkatan Darat Jerman selama Perang Perancis-Prusia tahun 1870. Esmarch adalah pelopor dalam medan triase dan perawatan luka , dan ia mengembangkan perban yang dapat digunakan dalam berbagai konfigurasi yang berbeda untuk mengobati tentara yang terluka di medan perang sampai lebih bantuan medis tiba, sehingga membantu menyelamatkan nyawa. maka kain ini dinamakan kain ESMARCH TRIANGULAR BANDAGE atau VERNAID BANDAGE (Vernon)





Kain segitiga ini kemudian dikomersilkan oleh Johnson & Johnson dan Seabury di Amerika Serikat  pada tahun 1890 dan pada tahun 1903 mengeluarkan produk kain segitiga ini dengan buku panduan penggunaannya. di Inggris oleh diproduksi oleh Vernon ( V&C.co.ltd ). Semenjak itu kain segitiga ini makin ternama dan digunakan oleh banyak pihak.
Para Tentara, anggota Kepanduan ( Boyscout/Pramuka) Anggota kemanusiaan ( Red Cross/ PMI/ BSM) sebagai pihak pihak yang meneruskan penggunaan segitiga ini untuk pertolongan pertama.

0 comments:

Post a Comment

Instagram
 
Partner : PMI TangSel | Puskesmas Sawah Lama | KSR UIN Jakarta
Copyright © 2016. PMR BANTEN - All Rights Reserved
Media and Training by GAHITA LAB
WA/SMS: 085691418286 | Email: pmrgahita@gmail.com